Makanan Yang akan membuat mu rindu dengan bulan puasa

Bulan Puasa sudah semakin dekat cukup dengan menghitung hari saja kita sudah akan menginjak bulan puasa lagi dan kalian tentu pasti sudah sangat rindu dengan makan khas-khas bulan puasa. Berikut Ini merupakan Makanan yang paling sering di Rindukan oleh masyarakat maluku utara khususnya ternate.

1. Gohu Ikan

  
  Gohu Ikan ini merupakan hidayah yang dapat di katakan cukup wajib untuk di hidangkan pasa saat buka puasa, gohu ikan yang terbuat dari ikan tuna atau cakalang yang di potong menyerupai dadu ini biasanya di makan dengan makanan kobong (istilah Masyarakat setempat untuk makanan seperti pisang, ubi-ubian, dan sebagainya), biasanya makanan kobong dengan gohu ikan ini di jadikan dalam satu piring kemudian di santap bersamaan dengan dabu-dabu dan ini di jamin akan membuat buka puasa terasa lebih nikmat. 

Gohu ikan di daerah ternate dapat di beli di sekitar taman pantai falajawa ataupun di pasar gamalama pada saat bulan puasa.
Gohu ikan di hargai Rp. 20.000,00 perCap plastiknya







2. Kolak Pisang


    Kolak Pisang dari daerah maluku menggunakan gula merah tentu saja sangat nikmat jika di santap pada saat buka puasa hal ini di karenakan kolak pisang memiliki kandungan serat yang tinggi dari buah pisang nya, rasa kolak pusang yang manis membuat nya terasa nikmat setelah seharian kita menahan dahaga. Namun di balik rasa nikmatnya kolak pisang tidak baik di konsumsi dalam jumlah banyak apalagi pada saat puasa hal ini di karenakan kolak pisang memiliki kandungan energi yang tinggi sehingga membuat kita cepat kenyang pada saat mengonsumsi kolak pisang. jadi sangat di sarankan pada saat berbuka puasa mengonsumsi kolak pisang dalam jumlah sedikit saja.
Kolak Pisang Dapat di beli di sepanjang jalan falajawa 2 ataupun di tempat lain karna kolak pisang sendiri merupakan jenis takjil yang mudah di cari
Harga Kolak pisang Rp.

3. Asida Ternate

    Asida merupakan makanan khas Arab yang di banyak di gemari masyarakat maluku khususnya ternate. Asida Sendiri sering di hidangkan sebagai bagian dari makanan buka puasa, pada saat bulan puasa asida mudah di temukan di berbagai tempat yang menjual takjil, harga asida pun relatif murah cukup dengan uang Rp.5.000,00 saja sudah bisa merasakan Asida dalam Cup plastik kecil.

4. Kue sus


  kue sus memiliki rasa yang manis dan gurih, rasa manis pada kue sus  ini berasal dari Fla dan rasa gurihnya berasal dari lapisan kulit kue sus ini. kue sus sendiri umumnya di gemari oleh kalangan anak kecil sampai remaja.kue sus sangat nikmat di santap pada saat buka puasa yaitu pada saat selesai meminum teh panas kemudian di santap lah kue sus.
 kue sus sangat mudah di temui di berbagai tempat baik di pasar, di pinggir jalan maupun di sekitaran kompleks rumah yang menjualnya. Harga Untuk kue sus Rp. 5.000,00 (3 kue Sus)

5. Bubur kacang Ijo


Bubur kacang Ijo untuk menu buka puasa dapat di santap dalam keadaan dingin dengan di letakkan di kulkas atau pun dalam keadaan panas. biasanya pada saat berbuka puasa paling nikmat menyantap bubur kacang ijo yang masing hangat, bubur kacang ijo sendiri memiliki banyat kandungan nutrisi yang membantu tubuh untuk mengembalikan energi yang telah hilang pada saat puasa, bubur kacang ijo sangat di sarankan untuk kalian yang abis puasa lemas dan membutuhkan energi pengganti dan bubur kacang ijo lah merupakan pilihan yang tepat. Bubur kacang ijo pada saat bulan puasa dapat di temukan di sekitar taman nukila ataupun taman pantai falajawa, pada hari-hari biasa yang bukan bulan puasa pun bubur kaca ijo dapat di beli di Sekitar taman pantai Falajawa.
Harga Bubur Kacang Ijo Per porsi : Rp. 15.000,00

6. Kue Surabi

  Kue Surabi dari ternate yang terbuat dari pandan atau durian dengan sirupnya berupa sirup gula merah. Kue surabi yang memiliki rasa lembut di campurkan dengan Sirup manis gula merah membuatnya enak untuk di santap sebagai menu berbuka puasa, Kue Surabi sangat lebih enak jika di sajikan dalam keadaan dingin dari kulkas. 
Kue Surabi ini dapat di beli di sekitar taman pantai falajawa dan taman nukila
Harga Kue Surabi Rp. 

7. Pisang Goreng, deng kasbi goreng + dabu-dabu

pisang goreng, ubi, dan dabu-dabu adalah hal yang paling wajib ada di meja makan pada saat buka puasa bagi masyrakat maluku utara, makan ini penyajiannya sama dengan gohu ikan di mana di makan dalam satu piring yang sama kemudian di colo-colo (di totol-totol) ke dabu-dabu, selain di hidangkan pada saat bulan puasa, jenis makanan ini juga sangat enak dan nikmat di santap pada sore hari dengan teh panas ataupun aer goraka (Air Goraka), selain di minum dengan air goraka pisang, ubi dan dabu-dabu ini semakin lengkap apabila di tambahkan dengan kacang goreng, selain di goreng pisang dan ubi dapat di rebus kemudian di tambahkan dengan santan akan membuat makanan ini semakin nikmat. 
Pisang Goreng, ubi dan dabu-dabu umumnya tidak di beli tetapi di buat sendiri hal ini di karenakan hidanga ini paling enak di santap dalam keadaan masih panas.


8. Es Pisang Ijo, Es Kacang & Es Kalapa Muda
Pada saat kita puasa tentu hal yang saat diinginkan untuk berbuka puasa adalah meminum minuman yang segar dan minuman yang dingin pun menjadi pilihan paling tepat. Es Pisang Ijo, Es kacang dan Es Kelapa muda merupakan pilihan paling banyak masyrakat untuk menghilangkan dahaga sehabis buka puasa. 
Es kacang
 Es Kacang yang mudah di temui di berbagai tempat, sirup segar dan kacang yang di campurkan dalam satu gelas sangat nikmat di santap gurihnya kacang dan segarnya sirup membuat buka puasa terasa segar.
Es Bubur Pisang Ijo

Es Pisang Ijo, Perpaduan Pisang yang di bungkus dengan adonan tepung berwarna hijau, santan kental yang menjadi saus nya serta sirup yang menjadi pelengkap rasa manis membuatnya banyak di gemari, selain segar dan melegakan dahaga es pisang ijo juga membuat kenyang



.
Es Kelapa Muda, meminum es kelapa muda sehabis berbuka puasa merupakan pilihan yang tepat selain untuk menghilangkan dahaga, es kelapa muda juga dapat mengganti cairan yang hilang pada saat puasa hal ini di karenakan es kelapa muda memiliki kandungan elektrolit sehingga bisa dapat langsung menggantikan cairan yang hilang, selain itu mengonsumsi es kelapa muda secara rutin dapat melancarkan proses pencernaan.


9. Kue-Kue Manis 

kue merupakan hal yang wajib di sediakan di meja makan pada saat bulan puasa selain kue sus di atas ternate juga mempunyai berbagai macam jenis kue dengan rasa yang beragam yang tentunya enak-enak semua. Biasa Kue makan bersamaan dengan teh pada saat buka puasa, kehadiran kue di sini tentu sangat melengkapi hidangan buka puasa.
Kue-kue khas ternate ini dapat di beli di sekitar taman-taman yang ada di ternate dengan harga yang bervariatif berbeda, ada yang 5000 per 3 buah kue atau pun 5000 per 2 buah kue, harga-harga ini tergantung kepada jenis kue yang ingin di beli.

10. Kurma

Pada saat bulan puasa tentu kurma merupakan makanan yang wajib untuk umat muslim di segala penjuru dunia, kurma yang berasal dari negeri arab ini memiliki rasa yang manis, kurma juga mempunyai berbagai jenis mulai dari kurma kering sampai dengan kurma basah, mungkin ada sebagian orang yang tidak terlalu suka berbuka puasa dengan kurma, tetapi berbuka dengan kurma merupakan anjuran dari Rasullah SAW bahwasahnya ketika kalian berbuka hendaklah memakan kurma terlebih dahulu sebelum memakan makanan lainnya.


* Foto  By : Ig @ternatekuliner


Terima kasih telah membaca, blog ini sengaja memakai bahasa indonesia karena mungkin saja ada masyarakat di luar ternate yang membaca nya sehingga dapat membuat mereka lebih mengenal makanan khas daerah maluku.
syukur Dofu-dofu, mari budayakan cintai tradisi daerah

Comments